Cara Paling Ampuh Mengatasi Hardbrick Pada Android 100% Jitu

Cara Mengatasi / Memperbaiki Hardbrick Pada Android ternyata bukanlah hal yang mudah. Pasalnya banyak langkah-langkah yang harus dilakukan dan itupun belum tentu apakah nanti akan berhasil atau tidak diperbaiki. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba memperbaikinya meskipun kita tidak tahu hasilnya. Hardbrick ini merupakan masalah pada ponsel yang sulit untuk diatasi namun bukan berarti tidak dapat diatasi sepenuhnya, tentunya ada banyak cara yang bisa kita coba.
 Image result for foto samsung

Cara ,Paling Ampuh ,Mengatasi Hardbrick ,Pada Android ,100% Jitu ,Cara Mengatasi Hardbrick Pada Android ini bisa anda praktekan pada merek handphone apa saja. Seperti merek ponsel berikut : samsung s3, andromax c3, c2, g2, lenovo a369i dan masih banyak lagi. Nah, kita tidak dapat menjamin ponsel android anda akan normal kembali setelah menggunakan cara yang saya bagikan kali ini. Tapi sekali lagi saya ingatkan tidak ada salahnya untuk mencoba.

Soft Brick : adalah keadaan perangkat android yang terjadi karena beberapa masalah software seperti loop boot di beberapa titik selama boot. Hal ini bisa terjadi apabila terdapat beberapa masalah pada perangkat lunak terutama saat OS upgrade atau ROM flashing. Jika perangkat anda dalam keadaan seperti ini maka Anda beruntung ada 99% kemungkinan bahwa anda dapat memulihkan hp android anda tanpa perlu membawanya ke tukang servis. Untuk mengatasinya cukup menginstall ulang.

Hard Brick : keadaan perangkat android yang terjadi ketika perangkat anda tidak dapat melakukan boot sama sekali, tidak ada pemulihan (recovery) dan juga tidak pengisian atau tidak bisa dicharge.
Pada MTK Android ada banyak Partisi di ponsel Anda. seperti Preloader, Recovery, Bootimg dll. Tapi jika Preloader ini rusak maka ponsel anda tidak akan mampu MENDETEKSI ke PC !!! dengan kata lain Anda akan memiliki ponsel dengan BOOT mati.

Bagaimana Preloader ini bisa rusak?

Mungkin ada beberapa alasan tetapi alasan utama bisa jadi ada seseorang yang flash ponsel secara lengkap (termasuk Preloader) dengan file yang salah. Atau bisa juga ada yang menghapus preloader ini sehingga Preloader ini bisa rusak.

Bagaimana cara mengetahui Preloader ini rusak/mati?
Preloader ini bisa mati  mungkin terjadi karena flashing yang salah. dan untuk mengetahuinya Preloader  ini rusak biasanya setelah  ponsel di-flash tidak dapat mendeteksi dengan pc lagi.

Jika terjadi masalah seperti berikut :
1. alat sp flashdisk tidak mendeteksi ponsel anda lagi dan juga komputer tidak terkoneksi saat usb tersambung ke perangkat

coba lakukan ini :
2. buka device manager
mengambil baterai keluar dari telepon
masukkan usb
masukkan baterai
dan cek komputer mendeteksi perangkat apa saja

Oke langsung saja berikut Cara Mengatasi Hardbrick Pada Android.

Cara pertama : memperbaiki Hardbrick / Unbrick  ketika macet di boot loop.
  • Pergi ke recovery mode (mode pemulihan) - tekan volume up + tombol home + tombol power secara bersamaan.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi menu, dan tombol power untuk memilih item menu.
  • Gulir ke bawah lalu pilih "Advanced".
  •  Pilih "Wipe Dalvik Cache" 
  • Kembali ke halaman utama.
  • Pilih "Wipe Cache Partition".
  •  Pilih "Wipe data / Factory Reset" untuk menghapus semua pengaturan dan aplikasi, dengan menggunakan ROM yang benar.
  •  Reboot perangkat Anda.
Cara kedua : memperbaiki Hardbrick / Unbrick  ketika macet atau terjebak di recovery mode (mode pemulihan).

Di sini Anda dapat download Odin untuk brick ponsel android atau tablet bahkan terjebak dalam modus pemulihan. Pertama silahkan download odin dan recovery.tar file lewat komputer. Kemudian anda ikuti langka-langkah berikut.
  •  Jalankan Odin menggunakan Run As administrator pada PC Windows Anda.
  • Matikan ponsel anda, Kemudian tekan (volume up + tombol home + tombol power). Setelah itu tekan volume atas untuk melanjutkan dan terhubung ke PC anda.
  • Ketika Odin mengenali perangkat Anda, klik opsi PDA dan arahkan ke file recovery.tar yang telah anda download tadi.
  •  Pilih file yang recovery lalu start.
  • Proses flashing akan terselesaikan dan Odin akan menunjukkan tombol PASS dengan latar belakang hijau, Setelah itu ponsel anda akan reboot.
 Cara ketiga :  memperbaiki Hardbrick / Unbrick  dengan software Once Click Unbrick
Jika kedua cara di atas belum juga berhasil dan anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, sekarang coba cara terakhir dari saya . Di sini saya menggunakan tambahan perangkat lunak untuk memperbaiki Hardbrick pada ponsel android. Oke langsung saja anda ikuti langkah-langkah berikut.
  • Pertama-tama anda download terlebih dahulu java di sini agar software Once Click Unbrick dapat digunakan di PC anda.
  • Kemudian Download One Click Unbrick Tool untuk ponsel android di sini.
  • Sekarang ekstrak file-file yang sudah didownload tadi.
  • Selanjutnya anda akan melihat folder 'OneClick'.
  • salin file Sekarang 'OneClick.jar' dan pasta Ke hearts 'OneClick \ heimdalloneclick \ sumber \ HeimdallPackage'.
  • Klik kanan pada 'oneclickloader.exe' File dan pilih 'Run as Administrator'.
  •  Lanjutkan dengan instalasi Heimdall.
  • Setelah instalasi selesai, anda akan melihat One-Click unbrick.
  • Sekarang Anda dapat menghubungkan ponsel anda ke PC dan kemudian klik pada tombol unsoft brick untuk melanjutkan proses.
Itulah Cara Mengatasi Hardbrick Pada Android yang dapat saya bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat baca juga artikel tentang : Cara Membuat Graffiti Secara Online 100% Jitu

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Paling Ampuh Mengatasi Hardbrick Pada Android 100% Jitu"

  1. Masalahnya setelah diflash tablet gak kedetek ama pc,...
    Gimana bisa software-software di atas akan bekerja jika tablet itu sendiri tidak dikenali atau tidak terdeteksi oleh PC?

    Nah gimana caranya agar tablet bisa terdetek oleh PC dlm keadaan hardbrick, bahkan dicas aja gak bisa?

    ReplyDelete